Tingginya Animo Siswa SMA Negeri 7 Kunjungi Stand Pameran Uniba di Ajang Career Day 2023


BALIKPAPAN—Pagelaran Career Day 2023 yang digagas oleh SMA Negeri 7 Balikpapan ternyata membuahkan hasil yang luar biasa. Betapa tidak dari beberapa stand perguruan tinggi yang ada di Balikpapan, hanya stand Universitas Balikpapan (Uniba) saja yang paling banyak dikunjungi siswa, yang berlangsung di halaman SMA Negeri 7 Balikpapan, Selasa (24/01/2023).

Career Day yang dilaksanakan oleh SMA Negeri 7 Balikpapan sengaja digelar dengan mengundang sejumlah perguruan tinggi serta beberapa perusahaan yang ada di Balikpapan. Tujuannya adalah, agar para siswa yang akan lulus pada tahun ini akan mendapatkan informasi yang lengkap bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikian ke jenjang yang lebih tinggi.

Panitia penyelenggara sengaja mendirikan stand yang diisi oleh beberapa perguruan tinggi yang ada di Balikpapan, termasuk Universitas Balikpapan. Stepanus Dedy Deomedes SE, MM, selaku Kepala Bagian Perencanaan dan Kerjasama dan Ir. Suherna S.Si, MT selaku Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Balikpapan, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Universitas Balikpapan memiliki 7 Fakultas dan 15 Program Studi serta Program Magister Ilmu Hukum (S2). Di mana seluruh program studi terakreditas Baik Sekali. Dan yang tak kalah pentingnya adalah Universitas Balikpapan merupakan perguruan tinggi swasta terbaik yang ada di Kalimantan.

Suherna menambahkan, dari seluruh program studi yang ada di Universitas Balikpapan, ada program studi yang paling banyak peminatnya, yaitu Fakultas Vokasi Program Terapan Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Mahasiswa K3 inilah yang paling dibanyak peminatnya, lantaran kebutuhan tenaga kerja di bidang K3 sangat banyak sekali. “Banyak mahasiswa K3 dari kami setelah lulus langsung bekerja di perusahaan-perusahaan besar di bidang tambang, oil gas dan beberapa perusahaan berskala internasional,” ujarnya.

Dari beberapa stand pameran yang ada di halaman SMA Negeri 7 ini, stand Universitas Balikpapan yang paling banyak disambangi. Bahkan daftar absensi pengunjung yang sudah disiapkan melebihi target. Awalnya absensi pengunjung disiapkan hanya untuk 100 siswa. Namun kenyataannya, siswa yang berkunjung di stand Universitas Balikpapan melebihi dari itu, bahkan lebih dari dua kali lipatnya.

Pada ajang pameran pendidikan ini, Universitas Balikpapan memiliki Program Golden Tiket yang berlaku sampai tanggal 25 Februari 2023. Golden Tiket ini adalah bagi siswa yang mendaftar sebelum tanggal 25 Februari 2023 akan mendapatkan diskon 50% untuk uang gedung khusus siswa fresh graduate, anak dari anggota TNI, Polri dan ASN yang bertugas di Kota Balikpapan. Serta 100% uang gedung bagi tahfidz Alquran, berpretasi nasional dan keluarga dosen atau guru. Golden Tiket ini tidak berlaku untuk Fakultas Vokasi dan program magister.

Sementara itu, Dewi salah seorang siswa kelas XII IPA mengatakan, dirinya ingin melanjutkan pendidikan di Universitas Balikpapan dengan Prodi K3. Ia sengaja ingin kuliah di Uniba karena selain dekat dengan orang tua dan Prodi K3 setelah lulus mudah untuk mencari pekerjaan. "Ngapain kuliah di luar Kaltim, kalau toh akreditasinya juga sama, yaitu Akreditasi Baik Sekali. Kalau kuliah di Jawa misalnya, tentu menelan biaya yang mahal, karena saya harus bayar kost belum lagi biaya hidup sehari-hari. Kalau kuliah di Balikpapan kan, saya tidak perlu membutuhkan uang yang banyak. Kan kasihan juga orang tua saya. Jadi mending kuliah di Balikpapan saja," ujarnya. 

HUMAS UNIVERSITAS BALIKPAPAN