Satu-satunya Mewakili Balikpapan, Ketua BEM Universitas Balikpapan IKuti Festival Pemuda 2022


SURABAYA—Puluhan pemuda dan pemudi mengikuti Festival Pemuda 2022 digelar di Surabaya dengan menghadirkan sejumlah pemuda perwakilan dari 34 Provinsi di Indonesia dengan menampilkan berbagai potensi anak muda dilengkapi dengan pagelaran baju adat masing-masing yang bertempat di Balai Pemuda Surabaya, Rabu (16/11/2022).

Untuk menjadi peserta Festival Pemuda ini ternyata tidaklah mudah, sebab harus melalui seleksi yang ketat dan ternyata hanya 1 Pemuda asal Balikpapan, yaitu Ketua BEM Universitas Balikpapan Agung Syahrir yang berhasil lolos setelah bersaing dengan sejumlah pemuda dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Balikpapan. Agungpun akhirnya mewakili Balikpapan untuk bergabung dengan mahasiswa lain untuk mewakili Provinsi Kaltim pada ajang ini.

Agung Syahrir selaku perwakilan mahasiswa Balikpapan merasa bangga karena bisa berbaur dan menambah sahabat baru sesama pemuda dari seluruh pelosok tanah air. Ia juga mengatakan salah satu yang menarik perhatian adalah kehadiran delegasi dari Provinsi Papua. Pasalnya, dengan dipertemukannya para pemuda dari berbagai daerah dengan latar belakang berbeda menjadikan  semangat kerukunan dan keharmonisan yang terjalin kuat oleh kalangan pemuda yang hadir saat itu.

Menunrut Agung, Festival Pemuda ini dirinya mengaku sangat bahagia dan bangga karena bisa dipertemukan dengan pemuda dari berbagai daerah, ia merasakan kehangatan dan mematahkan persepsi miring tentang anak Papua yang sering diperlakukan tidak sama. Agung juga mengatakan, saat bertemu dengan sesama pemuda dari berbagai keberagaman mulai dari bahasa, budaya lalu pemikiran-pemikiran kritis antara pemuda dari seluruh pemuda dari Sabang hingga Merauke.

Agung melihat Festival Pemuda ini sangat disambut baik oleh kehadiran pemuda dari berbagai provinsi termasuk dari Papua dan hal itu mampu mematahkan perspektif yang selama ini berkembang, bahwa orang Papua diperlakukan tidak baik ketika di luar. “Kami benar-benar menyatu di sini. Semua pemuda adalah sama, yaitu Pemuda Indonesia yang berasal dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia dan tidak ada saling membedakan. Kita semua sama di sini, yaitu Pemuda Indonesia,” ujar Agung Syahrir

Pada kesempatan ini Agung juga mengikuti kelas inspirasi tentang lingkungan sehingga, apa yang Ia dapat bisa dibagikan ke pemuda lainnya, baik terkait menjaga lingkungan hingga strategi membangun kerjasama dengan pemerintah dalam memfasilitasi agenda pembangunan dan kepemudaan.

Festival Pemuda 2022 ini merupakan rangkaian Kegiatan Bulan Pemuda dalam rangka Hari Sumpah Pemuda 2022, yang dilaksanakan oleh Yayasan Pondok Kasih dan Harapan Pemuda Indonesia melalui kerjasama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Festival Pemuda 2022 awalnya dimulai tahun 2018 di Jawa Barat, kemudian seiring berjalannya waktu, kegiatan ini terus digelar secara berkelanjutan hingga bisa digelar kembali di Surabaya Pasca pandemi. Festival Pemuda ini juga merupakan wadah silaturahmi pemuda yang sengaja digelar untuk menyiapkan para pemuda dalam membangun daerahnya masing-masing. Pada kesempatan ini, Isu lingkungan dan ketahanan iterasi bagi anak muda juga menjadi perhatian serius hingga menjadi topik utama dalam sesi simposium Pemuda.

Dalam kegiatan tersebut juga menampilkan berbagai produk mulai dari makanan, kerajinan tangan hingga oleh oleh khas daerah dari seluruh delegasi. serta ada pula berbagai pementasan musik hingga teatrikal kebangsaan sebagai penutup kegiatan.

 

HUMAS UNIVERSITAS BALIKPAPAN