Rektor Uniba Resmi Menutup Youth Volunteer Society 2023


BALIKPAPAN—Rektor Universitas Balikpapan Dr. Ir. Isradi Zainal secara resmi menutup kegiatan Youth Volunteer Society 2023 Ceremony yang digelar di halaman kampus Uniba, Sabtu (11/2//2023).

Selain dihadiri oleh Rektor Uniba, juga hadir Ketua Yayasan Dharma Wirawan Kalimantan Timur Billy Away SH, MH. Wakil Rektor Bidang Admisi, Humas, Kemahasiswaan dan Alumni Ir. Rahmat Rusli ST, MT. Dekan Fakultas Sastra Dr. Jepri Nainggolan SS, M.Pd. Pembina KRM Univesitas Balikpapan Iin Pratama Sari ST,.MT,. Ketua BEM. Perwakilan dari Polair Polda Kaltim, perwakilan Basarnas Kota Balikpapan dan sejumlah organisasi penanggulangan bencana yang ada di kota Balikpapan.

Acara penutupan Youth Volunteer Society 2023 dengan tema “Litle Thing to Show Humanity” ini adalah sebuah kegiatan kemanusiaan dari Korps Relawan Mahasiswa (KRM) yang bernaung di bawah Unit Kerja Mahasiswa (UKM) Universitas Balikpapan yang anggotanya terdiri dari para mahasiswa dari berbagai fakultas yang ada di Universitas Balikpapan.

Youth Volunteer Society 2023 diadakan untuk memperkenalkan Korps Relawan Mahasiswa Universitas Balikpapan kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Balikpapan, dengan tujuan untuk menarik minat semua mahasiswa agar memiliki semangat juang guna membantu sesama dalam perbuatan yang mulia.  Serta memperkuat hubungan kekeluargaan antar Korps Relawan Mahasiswa maupun relawan-relawan yang ada di Indonesia dan menciptakan generasi milenial yang memiliki jiwa kemanusiaan, kerelawanan serta keterampilan yang berguna di era 5.0 untuk mencapai Sustainable Development Goals.

Rektor Uniba dalam kata sambutannya mengatakan, kegiatan hari ini adalah simbol persatuan yang tentu saja akan menunjukan kekuatan dari KRM Universitas Balikpapan. Berdasarkan laporan dari Pembina KRM Uniba, para anggota KRM ini sudah melakukan hal-hal yang terbaik. Dan Rektor Uniba berharap, ke depan agar belajar  dari pengalaman KRM Uniba dalam menanggulangi bencana beberapa waktu lalu. Ada satu kelemahan yang belum disatukan, sehingga belum ada sinergi yang terkoordinasikan. “Jadi mestinya ada satu command centre, satu kesatuan yang memang membutuhkan SOP. Dengan SOP inilah adalah langkah untuk menjadikan kegiatan itu bisa berjalan sesuai prosedur,” ujar Rektor Uniba.

Rektor Uniba berharap, apa yang dicapai hari ini sudah luar biasa. Namun beliau mengimpikan agar setiap tahun, ketika KRM sedang beraktifitas kemudian dibantu dengan relawan yang ada di Balikpapan, setidaknya bukan saja melakukan seminar dan work shop terkait kebencanaan, akan tetapi sudah langsung berpraktik dengan topik tril and exercise kebencanan. Beliau juga berharap bahwa KRM Uniba dan pendukungnya, seperti Basarnas dan Polair Polda Kaltim, tidak saja berjuang untuk Balikpapan saja. “Saya berharap yang hadir di sini juga menjadi motor bagi Ibu Kota Nusantara, dalam kebencanaan nusantara,” ujarnya.

Beliau juga berpesan kepada seluruh mahasiswa agar menunjukan karya. Seperti terjadinya banjir bandang di beberapa wilayah yang ada di Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu. KRM Uniba turut serta untuk membantu korban banjir di wilayah tersebut. Dan Beliau juga sempat menyampaikan, ketika salah satu wilayah di Kota Balikpapan ada kebakaran, dalam waktu hitungan detik, KRM Uniba sudah berada di tempat terjadinya kebakaran. “Itu luar biasa dan itu jadi kebanggaan. Dan itu satu pertanda bahwa mereka siap berkarya,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Billy Away dalam sambutannya mengatakan, sungguh memberikan  apresiasi kepada KRM Uniba yang sudah luar biasa pada tanggap bencana. Jika melihat Kota Balikpapan ini, cukup kondusif dari bencana-bencana seperti gempa bumi. Akan tetapi bukan berarti tidak ada bencana, banyak sekali bencana yang ada di Balikpapan yang perlu disikapi dan KRM Uniba ada di dalamnya. Intinya Billy Away memberi support kepada teman-teman KRM yang sudah selama ini berjuang dan bekerja bersama-sama. Untuk itu Beliau berpesan untuk meningkatkan kebersamaan untuk kota Balikpapan dan untuk negara ini. “Karena di sini IKN dan kita berkontribusi, bahwa mahasiswa Uniba menjadi pelopor kontribusi untuk bersama-sama menjadi orang yang bermanfaat  di tengah-tengah masyarakat kita. Menjadi orang yang tanggap terhadap segala sesuatunya, secara khusus dalam hal kebencanaan,” pungkasnya.

\

Usai menyampaikan sambutannya, acara dilanjutkan dengan pemberian piagam kepada para sponsor, Polair Polda Kaltim, Basarnas Balikpapan serta sejumlah organisasi relawan bencana yang ada di kota Balikpapan.

HUMAS UNIVERSITAS BALIKPAPAN