Rektor Uniba Resmi Menutup Safety Festival 2023


BALIKPAPAN—Rektor Universitas Balikpapan Dr. Ir. Isradi Zainal secara resmi menutup Safety Festival 2023 yang diprakarsai oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) K3 Uniba yang berlangsung di halaman kampus Universitas Balikpapan, Sabtu sore (4//2/2023).

Selain dihadiri oleh Rektor Uniba, acara penutupan ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Admisi, Humas, Kemahasiswaan dan Alumni Ir. Rahmat Rusli ST, MT,. Wakil Dekan Vokasi Prodi K3 Lina Yuliana S.Kep, M.KKK. Ketua Program Studi K3 Komeyni Rusba S.Si, M.Sc. Dan Pembina HMPS K3 Uniba Laode Zainul ST, MT, seluruh mahasiswa yang tergabung dalam HMPS K3, para mahasiswa K3, para Alumni K3 Uniba dan sejumlah pelajar dari beberapa sekolah yang ada di Balikpapan.

Acara penutupan ini diawali dengan safety induction, menyanyikan lagu Indonesia Raya serta beberapa kata sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Komeyni Rusba. Dalam sambutannya beliau mengatakan, kegiatan ini tidak hanya dilakukan di lokal Balikpapan saja nantinya. Sebab Fakultas Vokasi Program Studi K3 Universitas Balikpapan sudah berkomitmen bahwa, Fakultas Vokasi dan Alumni K3 secara bersamaan turut merayakan Safety Festival yang akan digelar di tahun depan di tingkat Kalimantan Timur. “Memang sentra kegiatan K3 di Kalimantan Timur ini sekarang di Universitas Balikpapan. Dan yang paling penting adalah support dari universitas agar kegiatan ini tidak sampai di sini saja, namun akan terus berlanjut di tahun tahun mendatang,” ujar Komeyni.

Sementara itu, Rektor Uniba dalam sambutannya mengatakan, mahasiswa Uniba khususnya Prodi K3 sudah mampu menunjukan bahwa para mahasiswa ini sudah bisa melakukan hal-hal yang baik secara mandiri. Dan ini sebuah pertanda bahwa Universitas Balikpapan akan menjadi salah satu universitas yang terbaik di Kalimantan, khususnya bagi mahasiswa Program Studi K3. Rektor Uniba mengajak kepada para mahasiswa K3, agar berfikir tentang Indonesia. Karena suka atau tidak suka, tidak ada yang lebih baik dari Uniba dari Indonesia Timur, jika bicara Prodi K3nya. “Bahkan saya berani menyatakan, di tingkat nasional dan di tingkat Asia Tenggara, Uniba berpotensi menjadi yang terbaik, khsuusnya Prodi K3. Dengan demikian, ke depan kita sudah harus go internasional. Karena kita mampu melakukannya,” ujarnya.

Rektor Uniba berpesan, agar ke depan jika bicara safe first, Beliau menyarankan, lakukanlah yang terbaik agar dapat dipandang oleh seluruh warga Indonesia. Untuk itu, Beliau berpesan kepada Kaprodi K3, kepada HMPS K3, disarankan, jika melaksanakan kegiatan seperti ini, usahakan membuat yel-yel bagi seluruh peserta, untuk menambah semaraknya acara ini. “Karena kalau kita ingin yang terbaik, kita harus menyuguhkan hal-hal yang terbaik. Itu yang harus dilakukan,” pesannya.

Pada kesempatan ini, Rektor Uniba menyampaikan apresiasi kepada panitia yang sudah melaksanakan Safety Festival 2023 secara baik dan lancar. Dan beliau berharap ke depan supaya lebih bagus lagi. Dan beliau berharap untuk mencanangkan Kampus Uniba itu adalah Campus International Zone. Intelectual Zone. Integrity Zone dan Industry Zone. “Dengan demikian, saya percaya K3 setidaknya menjadi pelopor. Menjadikan Prodi K3 ini kelas internasional. Sehingga dalam pelaksanaannya, penggunaan bahasa asing itu senantiasa dilaksanakan. Saya ingin Uniba itu punya makna Unggul, Inovatif, Berbudaya. Uniba bisa juga, Unggul, International Zone, Berbudaya atau Unggul, Intelektual dan Berbudaya,” pungkasnya.

Usai memberikan kata sambutannya, Rektor Uniba didampingi Wakil Rektor IV, Wakil Dekan Vokasi, Ketua Program Studi dan sejumlah undangan dan mahasiswa melepas balon ke udara sebagai tanda ditutupnya kegiatan ini secara resmi.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada para juara 1, 2 dan 3 untuk lomba cerdas cermat, lomba PPGD, lomba Futsal, lomba poster dan lomba short movie. Kemudian acara dilanjutkan dengan parade musik hingga malam hari.

HUMAS UNIVERSITAS BALIKPAPAN