Rektor Uniba Lantik Kepengurusan BEM Tahun 2022 – 2023


BALIKPAPAN—Kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Balikpapan secara resmi dilantik oleh Rektor Universitas Balikpapan yang digelar di Ballroom Putri Aji Karangmelenu Lantai 7 Gedung G Kampus Uniba, Rabu (28/09/2022).

Tema pelantikan Pengurus BEM Universitas Balikpapan kali ini adalah “Membangun Semangat Baru Dalam Regenerasi Untuk Mewujudkan Sikap Integritas, Loyalitas dan Solidaritas Seluruh Mahasiswa/I Universitas Balikpapan”.

Hadir pada acara tersebut diantaranya Rektor Universitas Balikpapan Dr. Ir. Isradi Zainal. Staff Ahli Rektor Andi Surayya Mapangile S.K.M., M. Kes. Wakil Rektor Bidang Admisi, Humas, Kemahasiswaan dan Alumni Ir. Rahmat Rusli ST, MT,. Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Ir. Suherna, S.Si., M.T. serta sejumlah pejabat fungsional lainnya dan hadir pula pengurus BEM dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Balikpapan.

Acara ini dimulai dengan kata sambutan Jodi Viki, S.T., selaku Ketua BEM Universitas Balikpapan Periode 2021-2022. Di hadapan peserta yang hadir, Jodi Viki menyampaikan, dengan penuh harapan khususnya bagi pengurus UKM dan Ormawa yang berada di Universitas Balikpapan, termasuk BEM sekota Balikpapan, seKalimantan Timur dan seKalimantan diharapkan agar mampu melakukan hal-hal yang positif. Baik itu yang merangkul masyarakat agar bisa hadir dan terjun di masyarakat.

Ia juga menyampaikan, khususnya kepengurusan BEM Universitas Balikpapan yang baru akan dilantik ini berharap agar semoga jalannya administrasi, jalannya birokrasi yang ada di kampus dapat berjalan dengan baik. “Dan ini semua, dari pengurus sebelumnya kami serahkan ke kepengurusan selanjutnya bahwa harus berjalan dengan baik. Dan jika di tengah-tengah lapangan, di tengah-tengah perjalanan, teman-teman ketika ada permasalahan semoga bisa segera diselesaikan,” ujar Jodi Viki.

Pada kesempatan ini, Jodi Viki berpesan kepada Ormawa yang berada di Universitas Balikpapan diharapkan bisa membangun sinergitas bersama pengurus BEM Uniba. Sebab teman-teman BEM tidak bisa bergerak ketika  tidak ada para pengurus Ormawa yang hadir ditengah-tengahnya. “Jadi saya harapkan, dengan penuh harapan, teman-teman UKM, teman-teman Ormawa, teman-teman himpunan, bisa bergerak sinergis bersama dengan BEM yang akan dilantik hari ini,” pungkasnya.

Usai memberikan kata sambutannya, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor Universitas Balikpapan Dr. Ir. Isradi Zainal. Di hadapan peserta yang hadir, Rektor Uniba menyampaikan, beliau sengaja datang menyempatkan diri untuk hadir di acara pelantikan BEM ini. Padahal Rektor Uniba juga memiliki acara yang tak kalah pentingnya di Penajam. “Saya sengaja hadir di acara pelantikan ini, karena mahasiswa Uniba. Walau sesungguhnya, saat ini saya juga memiliki acara di Penajam yang juga sama pentingnya,” ujar Rektor Uniba disambut riuh tepuk tangan para peserta yang hadir siang itu.

Pada kesempatan itu Rektor Uniba menyampaikan, ada beberapa kata kunci yang perlu diingat, yaitu integritas, loyalitas dan soladiritas. Menurutnya, integritas jika bicara di lingkup pemerintahan ada yang disebut dengan zona integritas. Yang merupakan sebuah upaya untuk menjadikan zona tersebut sebagai Kawasan yang jujur, yang apa adanya, yang benar itu benar dan semua nilai-nilai yang baik.

Kalau loyalitas dan soliditas, menurut Rektor Uniba adalah hal yang biasa. Namun jika bicara integritas itulah salah satu masa depan bagi siapapun. Rektor Uniba memberikan gambaran, di Indonesia banyak orang-orang yang berintegritas. Seperti Baharuddin Loppa yang pernah menjabat sebagai Jaksa Agung. Kemudian ada Jenderal Polisi (Purn) Drs. Hoegeng Iman Santoso. Dan semua tidak lekang oleh waktu, mereka semua dikenang. Maknanya adalah, bahwa orang-orang yang berintegritas itu akan abadi dan dikenang sepanjang masa. “Apakah mereka menderita dalam hidup? Tidak. Karena orang yang berintegritas itu punya sifat kesederhanaan yang mencukupkan apa adanya. Dan tidak ada sejarahnya, tidak ada satupun yang menderita dengan integritas yang dimiliki oleh mereka,” ujar Rektor Uniba.

Lebih lanjut Rektor Uniba menyampaikan, dalam sejarah islam, seorang Nabi bernama Muhammad, Rasullullahi Salallahu Alaihiwasalam memiliki integritas, yaitu kejujuran. Mencontoh sebagian kejujuran dari Nabi itu akan membuat orang pintar. Orang jujur akan mengatakan apa adanya dan berposisi pada yang benar. Karena tema pelantikan BEM ini terkait integritas, maka Rektor Uniba berharap, BEM Universitas Balikpapan agar menjaga integritas dengan baik.

Rektor Uniba mengatakan, masa mahasiswa itu adalah masa yang paling indah. Selama menjabat sebagai Rektor, beliau tidak akan mengganggu kalau BEM berpendapat. Karena Rektor Uniba mengaku sangat yakin dan sangat tahu, bahwa masa-masa paling indah, masa-masa idealisme yang benar adalah masa-masa saat menjadi mahasiswa. Untuk itu Rektor Uniba menghimbau kepada para pengurus BEM harus banyak membaca. Jiwa revolusioner harus diimbangi dengan banyak membaca. Karena menurutnya, kalau tidak banyak membaca akan salah jalan. Kemudian selain banyak membaca juga harus dibuktikan dengan tulisan. “Anda punya ide pasti dalam hati, tapi bagaimana ide itu jadi tulisan itu yang paling penting,” pungkasnya.

Usai menyampaikan sambutannya, acara dilanjutkan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan dari Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Periode 2021-2022 Kepada Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Univeristas Balikpapan Periode 2022-2023 yang dilakukan oleh Jodi Viki, S.T. Dr. Ir. M.Isradi Zainal. Agung Syahrir dan Wakil Rektor Bidang Admisi, Humas, Kemahasiswaan dan Alumni Ir. Rahmat Rusli ST, MT. 

Usai acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, giliran Presiden BEM Universitas Balikpapan periode 2022/2023 Agung Syahrir yang menyampaikan sambutan. Dalam sambutan singkatnya, Agung menyampaikan, bahwa dirinya siap menerima kritikan yang sifatnya konstruktif, dengan dilampirkan data-data. Sebagai mahasiswa harus memiliki ketegasan dalam berorganisasi. Dirinya bersama pengurus BEM lainnya selalu terbuka jika ada masukan maupun kritikan. Dirinya menghimbau kepada para pengurus Ormawa jika ada masukan dan kritikan silahkan disampaikan. Dan BEM Universitas Balikpapan selalu terbuka dan siap menerima masukan maupun kritikan.

HUMAS UNIVERSITAS BALIKPAPAN