Luar Biasa, Mahasiswa Uniba Ini Berhasil Meraih Medali Perunggu di Ajang Sea Games 2023


BALIKPAPAN—Universitas Balikpapan patut berbangga, sebab salah satu mahasiswannya bernama Alfandy Aly Surya Prastyo berhasil meraih medali perunggu dalam cabang olahraga hoki di ajang Sea Games 2023 yang berlangsung di Kamboja beberapa waktu lalu.

Prestasi gemilang yang diraih oleh Alfandy Aly Surya Prastyo yang merupakan mahasiswa Fakultas Teknik Industri Program Studi Teknik Mesin disambut baik dan diberikan apresiasi oleh Rektor Universitas Balikpapan Dr. Ir. Isradi Zainal, saat Alfandy berjumpa dengan Rektor Uniba di ruang kerjanya, Jumat sore (26/05/2023).

Prestasi Alfandy setelah mendapatkan medali perunggu pada Sea Games beberapa waktu lalu itu di Kamboja, rupanya tidak semudah yang dibayangkan. Ia sempat bercerita, sebelum menjadi atlit hoki berprestasi, bermula ketika tetangganya sering sekali pergi ke luar kota untuk mengikuti kejuaraan hoki. “Saya lihat tetangga saya itu sering banget ke luar kota untuk mengikuti kejuaraan hoki. Dari situ saya kepingin menjadi atlit hoki agar bisa pergi ke mana-mana. Maka sejak saat itu saya mengikuti jejak dia untuk menjadi seorang atlit hoki,” ujarnya.

Saat menduduki kelas 3 SMP Negeri 7 Balikpapan, Alfandy sudah menjadi atlit hoki dan sempat ke Jakarta tahun 2013. Kemudian sebulan latihan ada seleksi Asean School Junior dan berhasil lulus. Saat itu ia sudah mengikuti pertandingan pertama di Malaysia saat terpilih seleksi di Asean School Internasional di tahun 2014. Namun ia tak puas dan terus berlatih secara terus menerus. Sehingga ditahun 2014 dan 2015 menjalani pendidikan di SKOI dan tidak ada kegiatan hanya latihan saja setiap hari. “Tahun 2016 juga belum ada, sebab saya masih fokus sekolah di SKOI Samarinda,” ujar pria kelahiran Balikpapan 27 Juli 1999 tersebut.

Kemudian pada tahun 2017, ia dipanggil Provinsi Kaltim untuk mengikuti Kejurnas Hoki Piala Presiden. Setalah itu ia dipanggil untuk mengikuti kejuaraan Tun Abdul Razak di Malaysia. “Itu Timnas yang memanggil saya untuk bergabung dengan mereka dan berhasil menjadi juara,” ujarnya.

Lalu ditahun 2018, dirinya kembali mengikuti selesksi Asean Games, dan dinyatakan lolos. Dan pada tahun 2019 ia kembali mengikuti Pra PON. Dan di tahun 2020 pada PON kala itu, ia berhasil meraih medali perak untuk mewakili Kalimantan Timur.

Setelah juara pada PON tahun 2020 lalu, Alfandy dipanggil di Liga Bangladesh. Namun kali ini, dia bukan mewakili Indonesia. Namun ia terpilih sebagai atlit Hoki untuk Bangladesh. Saat itu hanya dialah satu-satunya atlit dari Indonesia untuk memperkuat tim Hoki Bangladesh di ajang Hoki Leage Bangladesh. Kemudian di tahun berikutnya, tahun 2021 ia kembali main di Club Bangladesh bersama temannya asal Jawa Timur. “Jadi saya berdua dari Indonesia, untuk memperkuat tim hoki Bangladesh,”papar Alfandy.

Setelah itu, bulan Juli Tahun 2021, Alfandy kembali bermain di Liga Hoki di Malaysia. Saat itu ia memperkuat tim Malaysia. Dan ia sebagai pemain import kala itu. Itupun hanya dia sendiri saja asal Indonesia, karena Liga Malaysia ini adalah liga terbesar di Asia Tenggara. Dan perlu diketahui, Malaysia adalah rangking 10 Dunia untuk cabang olahraga hoki.

Di tahun 2022, Alfandy mengikuti TC untuk Sea Games Tahun 2023 yang akhirnya berhasil meraih medali perunggu untuk cabang olahraga hoki di Sea Games 2023 di Kamboja.

Anak ke dua dari tiga bersaudara dari pasangan Ancha dan Lilik Sunarsih mengaku sampai lupa berapa medali yang sudah ia raih. Baik medali emas, medali perak dan medali perunggu. Untuk medali emas ia raih pada kejuaraan Porprov 2018 sekaligus pemain terbaik kala itu. “Yang pasti sudah ada dua puluhan lebih medali yang sudah saya raih. Baik itu tingkat daerah, provinsi, nasional hingga Asean. Dan saya juga pernah mengikuti Kejuaran Hoki SQ yang diikuti semua negara, seperti festival gitu, main hoki. Namun saya bukan membawa nama Indonesia kala itu, akan tetapi saya direkrut untuk bermain bersama tim dari Australia,” pungkasnya.

HUMAS UNIVERSITAS BALIKPAPAN