Jelang Akhir Tahun, Uniba Gelar Acara Reflection 2022 dan Outlook 2023


BALIKPAPAN—Sudah seperti biasanya disetiap penghujung tahun, Universitas Balikpapan selalu menggelar reflection akhir tahun dengan mengambil tema “Reflection 2022 dan Outlook 2023” yang digelar di halaman Kampus Uniba, Jumat pagi (30/12/2022).

Acara ini dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Dharma Wirawan Kalimantan Timur Universitas Balikpapan Dr. H. Rendi Susiswo Ismail SE, SH, MH,. Ketua Yayasan Billy Away SH, MH, Rektor Universitas Balikpapan Dr. Ir. Isradi Zainal. Sejumlah Wakil Rektor, sejumlah Ketua Program Studi, para Dosen, Staff dan sejumlah perwakilan Organisasi Mahasiswa.

Yang menarik pada acara ini adalah hadir dari sejumlah pejabat dari Universitas Lambung Mangkurat diantaranya Dr. Ir. H. Muhammad Fauzi MP mantan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Dra. Hj. Lisna Rahmawati M.Pd selaku Kepala Biro Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Ahmad Iskandar M.Pd selaku Kepala Biro Umum dan Keuangan serta hadir pula 25 mahasiswa pengelola Tim Wirausaha Merdeka Universitas Lambung Mangkurat.

Acara ini dimulai dengan menyanyikan Indonesia Raya, Hymne Universitas Balikpapan, Pembacaan doa,  Pembacaan Ayat Suci ALquran, penampilan tari kreasi dan sambutan sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Rektor Universitas Balikpapan Dr. Ir. Isradi Zainal. Di hadapan seluruh peserta yang hadir, Rektor Uniba menyampaikan, acara ini bisa menjadi makna, bahwa refleksi 2022 dan outlook 2023 dapat menjadi energi, untuk menjadikan Uniba, semakin unggul, semakin mandiri dan sesuai dengan harapan.

Rektor Uniba menambahkan dalam sambutannya, apa yang sudah dilakukan Uniba dalam kurun waktu tahun 2022 ini, yaitu melihat dan mengevaluasi apa yang sudah dilakukan selama tahun 2022 yang telah bersinergi dalam membangun Universitas Balikpapan.   

Kemudian outlook 2023 menurut Rektor Uniba, bahwa Uniba memiliki harapan, punya keinginan apa yang ingin dicapai di tahun depan. Menurutnya, sesuai dengan arahan Ketua Dewan Pembina Yayasan dan Ketua Yayasan agar Uniba menjadi kampus terbaik. Tidak saja di Kalimantan, namun juga punya nama skala nasional. Satu hal yang perlu disampaikan bahwa ada yang istimewa di tahun 2022 ini, yaitu ditetapkannya Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi Ibu Kota Nusantara. “Dari momentum inilah menjadi bagian sejarah, sebab Uniba menjadi bagian dari pembangunan IKN Nusantara tersebut,” ujar Rektor Uniba.

Usai memberikan beberapa kata sambutannya, acara dilanjutkan dengan sambutan Rendi Susiswo Ismail. Dalam sambutannya beliau menyampaikan, bahwa Uniba di tahun 2022 telah berjalan dengan baik. Begitu pula secara internal, sebagai penanggungjawab di jajaran Civitas Akademika Universitas Balikpapan di tahun 2022 telah banyak hal yang telah dilakukan, yang berkaitan tentang bagaimana Universitas Balikpapan ini sebagai bagian dalam penyiapan sumber daya, yang tentu harapannya adalah memenuhi seluruh kualifikasi dan kompetensi, berkaitan dengan SDM di negara ini, khususnya di wilayah Kalimantan Timur dan Kota Balikpapan khususnya.

Rendi menyampaikan, pasca Presiden Joko Widodo menetapkan Kabupaten PPU sebagai IKN Nusantara, prospek ke depan tentu akan sangat luar biasa. Kesempatan dan peluang juga sangat besar. Untuk itu beliau berpesan, agar mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Seluruh potensi, seluruh kekuatan, seluruh sumber daya yang dimiliki harus dipersiapkan dalam rangka menyambut  IKN Nusantara ini.

Rendi Susiwo Ismail berpesan, jika tidak memanfaatkan kesempatan ini, maka akan dimanfaatkan oleh masyarakat dari daerah lain. “Dan ini tidak main-main. Untuk itu, ditahun 2023, di Oulook 2023 ini, kami meminta, untuk semua kita, mengoptimalkan seluruh potensi dan seluruh sumber daya yang kita miliki dalam rangka berkaitan dengan pembangunan IKN Nusantara ini,” ujar Rendi Susiswo Ismail.

Setelah menyampaikan sambutannya, acara dilanjutkan pemotongan tumpeng dan penyerahan cinderamata antara Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Balikpapan dan dilanjutkan dengan momen foto bersama.

HUMAS UNIVERSITAS BALIKPAPAN