Fakultas Hukum UNIBA Menggelar Pelantikan Pengurus DPM dan BEM FH Periode 2022- 2023


BALIKPAPAN—Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum (FH) melaksanakan Pelantikan Badan Pengurus Organisasi Lembaga Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Balikpapan periode 2022/2023 yang digelar di lapangan kampus Uniba, Selasa (31/05/2022).

Tema pada pelantikan pengurus ini adalah “Kolektif Bergerak Dalam Menahkodai Lembaga Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Balikpapan”. Pada acara ini juga dirangkai dengan diskusi publik dengan mengambil tema “Apakah Ibu Kota Negara Baru Sedang Menuju ke Arah Welfare State?”.

Hadir pada acara ini diantaranya, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Fakultas (HMF) Hukum periode 2021/2022 Dafa Fanani, Ketua Umum BEM Mahasiswa Universitas Balikpapan Jody Viky, Ketua Umum Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Uniba Maulidia Rani. Dan dalam acara pelantikan ini hadir Wakil Rektor Bidang Admisi, Humas, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Balikpapan Ir. Rahmat Rusli, S.T.,M.T., dan Wakil Dekan Fakultas Hukum Johan’s Kadir Putra, S.H., M.H,

Menurut Johan Kadir dalam beberapa kata sambutannya mengatakan, salah satu cita cita besar Fakultas Hukum adalah adanya satu hal yang sudah tercapai yaitu adanya perubahan secara nomenklatur, mulai dari Himpunan Mahasiswa Program Studi kemudian berubah menjadi Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum dan yang terakhir menjadi Badan Eksekutif Mahasiswa. “Perubahan-perubahan nomenklatur itu saya harapkan tidak hanya berubah secara identitas, tetapi semangat juangnya juga harus berubah,” ujarnya.

Menurut Johan’s Kadir,  nilai-nilai peningkatan terhadap Tri Darma Perguruan Tinggi juga harus berubah. Ia berharap 80% mahasiswa Fakultas Hukum itu harus berada di acara pelantikan ini. Menurutnya itu cita-cita besar Fakultas Hukum. Karena menurutnya, biar bagaimanapun, berangkat dari semangat perombakan nama tadi, semestinya harus diawali dengan langkah-langkah yang strategis. “Metode-metode pengorganisiran yang selama ini dilakukan oleh teman-teman di Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum harus dirubah. Biar bagaimanapun caranya, metode yang kita lakukan sampai dengan hari ini itu masih terlalu konvensional. Kalau momentum kali ini, dianggap sebagai momentum yang dapat menjadikan kita menuju lembaga yang lebih baik ke depannya. Paling tidak semangat kebersamaan bisa meningkat dari kegiatan hari ini,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Admisi, Humas, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Balikpapan, Ir. Rahmat Rusli, S.T.,M.T, memberikan ucapan selamat kepada pengurus yang akan dilantik. Ia juga menyampaikan di Universitas Balikpapan ini mempunyai 2 organisasi, baik di tingkat universitas maupun di tingkat fakultas. Untuk di tingkat universitas itu ada BEM, MPM dan UKM. Sedang untuk tingkat fakultas berdasarkan peraturan organisasi di tahun 2020 di fakultas itu ada beberapa struktur organisasi. Yaitu BEM Fakultas, DPM Fakultas, Himpunan Mahasiswa Fakultas, Himpunan Mahasiswa Program Studi dan unit kegiatan. “Satu hal adik-adik sekalian, kepada seluruh mahasiswa kita, bahwa berorganisasi itu bisa memberikan manfaat. Dari hasil manfaat itu kita turunkan menjadi ibadah. Karena 2 hal ini yang menjadi patokan kita bagaimana ini bisa memberikan perubahan atau proses kepada diri kita,” ujar Rahmat Rusli.

Di penghujung sambutannya, Rahmat Rusli menyampaikan kepada seluruh mahasiswa yang hadir untuk meminta bantuan kepada seluruh mahasiswa agar turut serta menginformasikan dan mempublikasikan tentang penerimaan mahasiswa baru. Menurutnya, saat ini Fakultas Hukum, khususnya di program studi Ilmu Hukum animonya cukup banyak. “Namun hal ini harus terus kita genjot, karena kita masih memerlukan beberapa kelas. Sampaikan kepada masyarakat, bahwa Universitas Balikpapan itu saat ini, untuk kelas regular kuliahnya pada pukul 7 malam. Jadi tidak ada lagi kuliah jam 5 sore. Ini kesempatan bagi mahasiswa yang bekerja agar bisa juga kuliah sambil bekerja. Untuk itu saya berharap kepada adik-adik mahasiswa, tolong sampaikan hal ini kepada semua orang,” pungkasnya.

Usai memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan pelantikan dan pembacaan Surat Keputusan DPM Fakultas Hukum periode 2022/2023 kemudian pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang dibacakan oleh Wakil Dekan Fakultas Hukum Johan’s Kadir Putra, S.H., M.H. Di saat yang sama acara dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan dan pelantikan BEM Fakultas Hukum Periode 2022/2023 yang juga dibacakan oleh Johan’s Kadir Putra, S.H., M.H.

Dalam pelantikan ini, terbentuk sebuah Lembaga Mahasiswa Fakultas Hukum yang terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum (BEM FH) yang sebelumnya bernama Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum (HMF Hukum) serta Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Hukum (DPM FH) Universitas Balikpapan sebagai Lembaga Legislatif di lingkup ormawa Fakultas Hukum Universitas Balikpapan.

Seusai pelantikan dan pembacaan sumpah jabatan acara dilanjutkan dengan serah terima jabatan kepada Ketua DPM Fakultas Hukum Uniba yang baru Aliffian Diwang Pranandya dan Ketua BEM Fakultas Hukum Uniba terpilih Dyah Ayu Pramesti.

Setelah pelantikan, acara dilanjutkan dengan Diskusi Publik dengan tema “Apakah Ibu Kota Negara Baru Sedang Menuju ke Arah Welfare State?”. Kegiatan ini juga turut diselenggarakan guna membangun ruang-ruang pencerdasan terkait IKN, khususnya lebih ke bagaimana IKN yang baru ini harus tetap memenuhi hak-hak serta kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Welfare state itu sendiri adalah suatu konsep pemerintahan yang berperan penting dalam hal melindungi dan juga memperjuangkan kesejahteraan sosial dan ekonomi setiap masyarakat yang ada di dalamnya.

Sumber Humas Universitas Balikpapan