FEB Uniba Gelar Yudisium Semester Ganjil 2023-2024


BALIKPAPAN—Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Balikpapan Program Studi Manajemen dan Progran Studi Akuntansi menyelenggarakan Yudisium Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024 dengan mengambil tema “Berjiwa Wirausaha, Unggul dan Berdaya Saing Global” yang berlangsung di Ballroom Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Minggu (21/04/2024).

Hadir pada acara ini diantaranya Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Tinggi Dharma Wirawan Kalimantan Timur Dr. H. Rendi Susiswo Ismail SE. SH. MH. Wakil Rektor Bidang Akademik Ir. Manaseh, M.Eng. Wakil Rektor Bidang SDM, Umum dan Keuangan Dr. Rihfenti Ernayani, S.E., M.Ak. Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Penelitian, Pengembangan dan Kerjasama Merry K. Sipahutar, Ph.D. Dekan FEB Dr. Drs. Tamzil Yusuf. Wakil Dekan FEB Dr. Dwi Susilowati SE. MM. Ketua Program Studi Manajeman Nadi Hernadi Mooorcy SE.M.M., dan Ketua Program Studi Akuntansi Yanzil Azizil SE. M.Acc. AK.

Selain dihadiri dari jajaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis, juga hadir para Dekan, Ketua Program Studi dan Dosen di lingkungan Universitas Balikpapan serta 125 mahasiswa Yudisium. Yang terdiri dari 100 mahasiswa dari Program Studi Manajemen dan 25 mahasiswa dari Program Studi Akuntansi. Serta hadir pula perwakilan Bank Syariah Indonesia (BSI) cabang Balikpapan dan Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) cabang Kaltimra Ferdinand Sihombing.

Dr. Drs. Tamzil Yusuf dalam sambutannya menyampaikan, dengan kehadirannya BSI pada acara Yudisium kali ini, Tamzil Yusuf berharap, agar mahasiswa FEB bisa melakukan magang di BSI. Ada rencana BSI untuk melibatkan dosen-dosen pengampu mata kuliah Perbankan. Dan BSI bersedia untuk menerima mahasiswa FEB Uniba untuk magang di BSI. “Mudah-mudahan dengan adanya kerjasamanya kita dengan BSI, kita nanti bisa menjadwalkan, setiap bulan misalnya delapan orang untuk magang di BSI secara bergantian di BSI yang ada di Balikpapan,” ujar Tamzil Yusuf.

Lebih lanjut Tamzil Yusuf juga menyampaikan, dengan kehadiran Kepala Cabang BEI Kaltimra pada Yudisium ini, merupakan kerjasama antara Uniba dengan BEI Cabang Kaltimra dalam rangka untuk memperkenalkan gallery investasi dan mencerdaskan mahasiswa dalam mengenal pasar modal.

Setelah menyampaikan amanatnya, acara dilanjutkan dengan sambutan Ir. Manaseh. Dalam sambutannya Manaseh menyampaikan, bahwa para peserta Yudisium ini akan menjalani prosesi wisuda pada tanggal 4 Mei yang akan datang. Semua toga dan kelengkapan lain sudah disiapkan. Dan pada saat wisuda nanti, para peserta Yudisium agar sebelumnya segera  menyelesai seluruh kewajibannya, agar bisa mendapatkan ijazah dan transkrip. “Tetapi yang perlu diketahui oleh para peserta Yudisium, sejak saat ini kalian sudah berhak menyandang gelar Sarjana Manajemen atau S.M. dibelakang nama kalian bagi mahasiswa Prodi Manajemen. Begitu juga dengan mahasiswa Prodi Akuntansi, juga sudah berhak menyandang gelar Sarjana Akuntansi atau S.Ak., dibelakang nama kalian,” ujar Manaseh disambut tepuk tangan meriah dari seluruh peserta yang hadir.

Pada kesempatan yang sama, Dr. H. Rendi Susiswo Ismail dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada orang tua peserta Yudisium yang telah memberikan dukungan penuh terhadap putra-putrinya yang menempuh pendidikan di Universitas Balikpapan dan hari ini mereka berhasil mengikuti Yudisium dan dinyatakan telah selesai menempuh pendidikan. “Saya yakin dan percaya, berkat dukungan dari keluarga, dari orang tua, keluarga dan sahabat, para peserta Yudisium ini lulus tepat waktu dan di waktu yang tepat,” ujar Dr. H. Rendi Susiswo Ismail.

Dr. Rendi Susiswo Ismail mengingatkan kepada peserta Yudisium, bahwa tantangan ke depan semakin kompetitif dan semakin berat. Apalagi persaingan bagi mereka yang sudah menyandang gelar sarjana sudah semakin ketat. “Di Indonesia saja ada empat ribuan perguruan tinggi. Anda boleh bayangkan, kalau perguruan tinggi setiap tahunnya meluluskan, misalnya lima ratus wisudawan saja, maka anda bisa bayangkan sendiri berapa jumlah sarjana di negara kita ini,” papar Dr. Rendi Susiswo Ismail.

Untuk itu Dr. Rendi Susiswo Ismail berpesan, agar bersiap diri dan memiliki kompetensi sesuai gelar sarjana yang disandang. Dengan harapan agar bisa bekerja sesuai dengan Prodi yang diembannya selama menempuh pendidikan. “Namun ternyata, faktanya tidak mudah. Tantangannya sangat luar biasa. Untuk itu persiapkan diri kalian dalam menghadapi dunia kerja,” pesannya.

Usai menyampaikan sambutan, acara dilanjutkan dengan penyerahan Surat Keterangan Lulus (SKL) yang dilakukan oleh Tamzil Yusuf dan Dwi Sulistyo kepada seluruh peserta Yudisium.

Kemudian pemberian penghargaan kepada peserta Yudisium dengan nilai IPK tertinggi adalah M. Kevin Sehwantz S.Ak dengan IPK 3,93 dari Prodi Akuntansi. Selanjutnya untuk mahasiswi yang meraih IPK tertinggi dari Prodi Manajemen adalah Auliana Putri Azizah S.M. Kemudian peserta Yudisium yang tercepat adalah Yasinta Trisuci S.Ak. Kemudian peserta yang termuda Hana Triana T. S.Ak. Selanjutnya mahasiswa yang tercepat pada Yudisium kali ini adalah Evy Berliana Juwita R, S.M. Lalu mahasiswa termuda adalah Patheresya Caroline H, S.M. Serta memberikan piala kepada peserta Yudisium yang mengenakan pakaian terbaik. 

HUMAS UNIVERSITAS BALIKPAPAN