Dosen Asal Istanbul University Menjadi Narasumber di PKKMB 2023


BALIKPAPAN—Ada yang menarik ketika pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Balikpapan Tahun 2023 ini. Di mana salah seorang narasumbernya berasal dari Istanbul University. Ia adalah Numan Doğan, yang merupakan Dosen Bahasa Inggris di Istanbul University. Kehadirannya adalah untuk melihat langsung suasana PKKMB di hari pertama, Jumat (11/08/2023).

Kehadiran Numan Doğan di Kampus Universitas Balikpapan diawali dengan mengikuti shalat Jumat berjamaah. Kemudian Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Tinggi Dharma Wirawan Kalimantan Timur Dr. H. Rendi Susiswo Ismail SE. SH. MH memperkenalkan kepada para jamaah, bahwa Universitas Balikpapan mendapatkan kehormatan dengan kehadiran tamu asal Turki. “Izinkan saya, saya adalah Numan Doğan yang sengaja datang ke Kampus Universitas Balikpapan untuk melihat langsung suasana Kampus Uniba,” ujarnya dalam bahasa Inggris.

Usai menunaikan shalat Jumat, acara dilanjutkan dengan pertemuan dengan Rektor Universitas Balikpapan Dr. Ir. Isradi Zainal yang berlangsung di ruang kerjanya. Dalam perbincangan tersebut, kehadiran Numan Doğan ke Kampus Universitas Balikpapan untuk melihat suasana kampus secara langsung sekaligus menawarkan kepada mahasiswa Uniba agar bisa mengikuti pertukaran mahasiswa di Istanbul University. “Kita dalam waktu dekat ini akan mengadakan kerjasama dengan Istanbul University. Di mana nanti, tidak menutup kemungkinan ada mahasiswa Uniba yang bisa mengikuti pertukaran mahasiswa di Istanbul University,” ujar Rektor Universitas Balikpapan.

Usai melakukan pertemuan di ruang kerja Rektor Uniba, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi kepada seluruh peserta PKKMB. Kehadiran Numan Doğan diacara ini tentu saja menambah suasana makin semarak. Sebab belum pernah ada program pengenalan kampus yang narasumbernya berasal dari luar negeri. “Ini sebuah kehormatan bagi kami di Uniba, sebab baru kali ini ada orang asing yang menjadi narasumber dihadapan seluruh peserta calon mahasiswa baru. Bisa saja ini terjadi bukan hanya di Kaltim dan tidak menutup kemungkinan Uniba satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang mendatangkan narasumber dari luar negeri di acara pengenalan kampus seperti sekarang ini,” ujar Rektor Uniba. ‘

Di hadapan para peserta PKKMB, Numan Doğan menyampaikan kepada seluruh peserta PKKMB, bahwa untuk menempuh pendidikan di Istanbul University tidak membutuhkan biaya yang sangat mahal. Di samping itu Istanbul University memiliki banyak program studi yang sangat banyak dengan jumlah mahasiswa puluhan ribu yang berasal dari berbagai belahan negara di dunia. Dan mahasiswa asal Indonesia jumlahnya cukup banyak di Istanbul University. “Terimakasih kepada Universitas Balikpapan yang sudah memberikan waktu kepada saya. Dan izinkan saya untuk memperkenalkan kampus tempat saya bekerja, yaitu Istanbul University. Di mana Istanbul University membuka peluang bagi mahasiswa asal Indonesia untuk mengikuti pendidikan atau pertukaran mahasiswa di kampus kami,” ujar Numan Doğan.

Pada Kesempatan itu pula Numan Doğan mengajak kepada seluruh mahasiswa Universitas Balikpapan, bukan hanya peserta PKKMB, namun juga di kalangan pendidik, yaitu kepada para Dosen, yang ingin melanjutkan pendidikan ke level yang lebih tinggi, mulai dari strata II dan strata III. 

HUMAS UNIVERSITAS BALIKPAPAN