Dihadiri oleh Orang Tua, Universitas Balikpapan Secara Resmi Melepas Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2023


BALIKPAPAN—Universitas Balikpapan secara resmi melepas 18 mahasiswa yang lolos mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) batch 3 Tahun 2023. Acara pelepasan ini juga dihadiri oleh orang tua ke 18 mahasiswa yang lolos Pertukaran Pelajar Merdeka (PMM) pada tahun ini. Acara pelepasan ini digelar di conference room, Kampus Uniba, Jumat (4/8/2023).

Hadir pada acara ini diantaranya Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Dharma Wirawan Kalimantan Timur Billi Away SH. MH. Rektor Universitas Balikpapan Dr. Ir. Isradi Zainal. Ir. Manaseh, M.Eng., selaku Wakil Rektor Bidang Akademik. Merry K. Sipahutar, Ph.D.. selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Penelitian, Pengembangan dan Kerjasama. Ir. Rahmat, S.T., M.T., selaku Wakil Rektor Bidang Admisi, Humas, Kemahasiswaan dan Alumni. Serta hadir pula Ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM), para Dekan, para Ketua Program Studi, para Dosen dan sejumlah pejabat fungsional lainnya yang ada di jajaran Universitas Balikapapan.

Acara pelepasan ini diawali dengan sambutan Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D selaku Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Dalam sambutannya yang disampaikan secara virtual tersebut, Prof. Nizam menyampaikan bahwa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di kampus lain dalam negeri dalam kurun waktu 1 semester. Dalam program ini  mahasiswa PMM ini juga akan diperkenalkan keberagaman Nusantara, melalui mata kuliah modul nusantara. Hal ini dilakukan agar para mahasiswa memiliki pemahaman terhadap nilai-nilai budaya, kebangsaan dan keberagaman.  

Prof. Nizam juga menyampaikan bahwa, PMM sudah berjalan 3 kali. Yang pertama tahun 2021 dengan jumlah mahasiswa sekitar sebelas ribu orang. Sedang yang ke dua di tahun 2022 berjumlah sekitar dua belas ribu orang. “Dan di tahun 2023 ini ada 15.286 mahasiswa yang mengikuti PMM pada tahun ini. Ke depannya, diharapkan jumlah mahasiswa PMM ini ke depanya akan bertambah,” ujarnya.

Sejak didiluncurkannya PMM ini sudah terdapat 24 ribu mahasiswa yang mengikuti program PMM yang berasal dari 500 lebih perguruan tinggi asal dan 228 perguruan tinggi penerima. Di dalam program PMM ini, seluruh mahasiswa akan diberikan hak dan kesempatan yang luas untuk menimba ilmu dan ekosistem baru dalam lingkup perguruan tinggi pilihan mahasiswa dari seluruh wilayah Indonesia.

Prof. Nizam juga memberikan apresiasi kepada seluruh kampus yang telah berkenan menjadi perguruan tinggi penerima maupun perguruan tinggi pengirim mahasiswa PMM. Ia berharap lewat program ini bisa terbangun persahabatan antar mahasiswa, antar perguruan tinggi dan antar dosen dalam rangka berbagi ilmu pengetahuan.

Sementara itu Ir. Rahmat Rusli dalam sambutannya menyampaikan, setelah mendapatkan surat tugas terkait dengan PMM Tahun 2023 batch ke 3 ini, yang mendaftar untuk mengikuti PMM ini, yang mendaftar di Universitas Balikpapan secara online ini ada 125 mahasiswa yang mendaftar. Namun dalam pelaksanaannya yang lolos hanya 18 mahasiswa saja. Dan memang proses seleksi cukup ketat dari perguruan tinggi. Apalagi rata-rata dari mahasiswa Uniba ini memilih perguruan tinggi yang unggul. Di situlah tingkat kesulitannya. “Dan ini merupakan sebuah anugrah, sebab Uniba mendapatkan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka yang ke tiga ini langsung 18 mahasiswa. Biasanya yang lolos dua atau tiga mahasiswa saja,” ujar Rahmat Rusli.

Pada kesempatan yang sama, Billi Away dalam sambutannya menyampaikan, dengan lolosnya 18 mahasiswa Uniba mengikuti PMM Tahun 2023 ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Menurutnya, dari sekian banyak perguruan tinggi yang ada di kota Balikpapan, hanya Universitas Balikpapan yang terbanyak mahasiswanya yang lolos untuk mengikuti PMM tahun 2023 ini. Dan itu tidak lepas dari kerjasama dan kerja keras dari para mahasiswa Uniba selama mengikuti proses seleksi yang terbilang cukup sulit itu. Dan yang lebih membanggakan lagi universitas yang dituju oleh para mahasiswa Uniba ini bukanlah universitas yang kaleng-kaleng. Akan tetapi universitas bergengsi dan terkenal di Indonesia. “Dan harapan kami ini, dari Yayasan, ini adalah kesempatan emas kepada adik-adik bisa berkolaborasi dengan teman-teman yang baru. Dan timbalah ilmu yang sebanyak-banyaknya di sana, untuk dibawa pulang ke Uniba dan diharapkan bisa berbagi sesama temannya di Universitas Balikpapan,” pungkas Billi Away.

Dipenghujung acara, Rektor Uniba menyampaikan amanatnya sekaligus melepas secara simbolis ke 18 mahasiswa yang mengikuti PMM Batch 3 Tahun 2023 ini. Dalam sambutannya Rektor Uniba menyampaikan bahwa mahasiswa Uniba mampu menunjukan salah satu slogan Universitas Balikpapan, yaitu Unggul. “Jadi anda ini  adalah orang-orang yang unggul,” ujar Rektor Uniba disambut tepuk tangan meriah dari seluruh peserta yang hadir siang itu.

Lebih lanjut Rektor Uniba menyampaikan, ke 18 mahasiwa yang mengikuti PMM ini menempuh pendidikan selama 1 semester di perguruan-perguruan tinggi bergengsi yang ada di Indonesia, Khususnya kepada para orang tua mahasiswa PMM, bahwa meskipun para anaknya kuliah di Uniba. Namun dalam sejarah anak-anaknya, mereka berkesempatan kuliah 1 semester di Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga dan beberapa perguruan tinggi bergengsi yang ada di Indonesia.

Rektor Uniba berpesan kepada mahasiswa PMM, agar selama menjalani perkuliahan di kampus-kampus bergengsi yang ada di Indonesia, bahwa etika yang harus dijaga. “Dan pesan saya ketika, mewakili Uniba ke perguruan tinggi lain, jaga etika. Pastikan bahwa anda ke sana sebagai orang yang unggul. Orang yang baik. Mewakili budaya orang Balikpapan yang memiliki sikap toleransi yang tinggi,” papar Rektor Uniba.

Rektor Uniba menambahkan, dalam rangka budaya Bhineka Tunggal Ika, yang kemudian salah satu ciri bahwa mahasiswa Uniba manusia-manusia calon penghuni Ibu Kota Negara dan tak lupa Rektor Uniba mengucapkan terimakasih kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim. Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D selaku Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Dan Dr. Beny Bandanadjaja selaku Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, yang telah memberikan kata sambutan sekaligus melepas 18 mahasiswa Uniba yang menggikuti PMM Batch 3 Tahun 2023 ini.

HUMAS UNIVERSITAS BALIKPAPAN