Dalam Rangka HUT Kota Balikpapan ke 127, Uniba Ikuti Pameran Kewirausahaan Pemuda Pemula Tahun 2024


BALIKPAPAN—Dalam rangka pelaksanaan rangkaian kegiatan HUT Kota Balikpapan ke 127 pada tahun ini, Disporapar Kota Balikpaan menggelar pameran kewirausahaan pemuda pemula yang diikuti oleh sejumlah perguruan tinggi dan komunitas pemuda yang ada di Balikpapan yang berjumlah 28, salah satunya adalah dari Universitas Balikpapan, yang digelar di halaman Tenis Indoor, Jumat – Minggu (23-25/02/2023).

Pada gelaran pameran kewirausahaan pemuda pemula ini, Universitas Balikpapan menjual beberapa produk kuliner, baik makanan dan minuman. Serta hasil kerajinan diantaranya kain Ecoprint serta beberapa kerajinan tangan lainnya.

Acara ini dibuka langsung oleh Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud. Dalam sambutannya Wali Kota Balikpapan menyampaikan, acara ini  digelar, agar para pemuda, khususnya mahasiswa, sudah memiliki wirausaha semenjak masih duduk di bangku kuliah. “Jadi setelah lulus kuliah nanti, adik adik mahasiswa sudah tidak pusing lagi mencari pekerjaan, karena sudah memiliki usaha sendiri,” ujarnya.

Sementara itu Kadisporapar Kota Balikpapan dr. Ratih Kusuma mengucapkan terimakasih kepada Universitas Balikpapan, Rektor Uniba dan seluruh jajaran Universitas Balikpapan yang telah turut serta berpartisipasi dalam kegiatan ini. Menurutnya, dengan diadakannya pameran ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kreativitas, meningkatkan kemampuan serta talenta kepada para pemuda, khususnya mahasiswa. “Sehingga dengan adanya pameran kewirausahaan pemuda pemula ini, mereka bisa mandiri dan terus berkretifitas,” ujar dr. Ratih Kusuma.

dr. Ratih Kusuma sempat menyambangi stand Uniba didampingi Ketua KNPI Kota Balikpapan Andri Afrizal SH. Dan ia berpesan kepada mahasiswa Uniba agar terus meningkatkan karya-karyanya. “Kami dari Disporapar siap menggandeng UMKM, khususnya pemuda dan mahasiswa, seperti dari mahasiswa Uniba untuk terus berkreasi dan menghasilkan karya-karyanya. Sehingga hasil karya para mahasiswa ini bisa masuk kepasaran dan tentu saja menjadi income bagi para mahasiswa itu sendiri,” pungkasnya.  

HUMAS UNIVERSITAS BALIKPAPAN