A. Pendahuluan

Perpustakaan Universitas Balikpapan berdirinya seiring adanya Universitas Balikpapan pada 1 Juli 1981, berdasarkan Surat Keputusan Dewan Umum Yayasan Dharma Wirawan Kalimantan Timur Nomor: Kep.03/YDW/08/8.

Pada awalnya perpustakaan berada di setiap fakultas, tidak terpusat. Kemudian pada bulan Agustus 1989 dibentuklah unit Perpustakaan Universitas Balikpapan, dipimpin kepala perpustakaan yang menempati satu gedung tersendiri dengan luas ±117m2 dan mudah untuk diakses pemustaka.

UPT Perpustakaan Universitas Balikpapan terus berbenah seiring perkembangan dunia pendidikan dan teknologi informasi. Pada tahun 2010 sistem otomasi perpustakaan mulai digunakan dan dikembangkan hingga sekarang. Berbagai usaha telah dilakukan pengelola perpustakaan agar mampu memberikan layanan terbaik bagi pemustaka dan stakeholder.

B. Visi dan misi

  1. 1. Visi

          Menjadi pusat informasi dan literasi untuk mewujudkan insan akademik  yang unggul, mandiri, dan berbudaya.

  1. 2. Misi

          Adapun misi yang ingin dilakukan diantaranya:

  1. 1. Menambah koleksi pustaka yang berkelanjutan sesuai kebutuhan pembelajaran dan permintaan stakeholder.
  2. 2. Meningkatkan dan mengembangkan mutu sumber daya yang berorientasi pada pelayanan prima.
  3. 3. Mengembangkan keliterasian civitas akademika dan masyarakat, melalui sosialisasi, penyediaan koleksi yang lengkap, dan berkualitas.
  4. 4. Mengembangkan layanan informasi yang berbasis teknologi informasi.

C. Fasilitas dan sistem layanan

Fasilitas yang ada di UPT Perpustakaan Universitas Balikpapan antara lain area baca, area diskusi, area sambungan internet, area BI corner, area penitipan barang/loker, dan perangkat media penelusuran pustaka (katalog) melalui Online Public Access Catalogue (OPAC).

Sedangkan sistem layanan yang diterapkan di UPT Perpustakaan Universitas Balikpapan adalah sistem layanan terbuka (Open Access Service), yaitu pemakai/pemustaka dapat langsung memilih koleksi/pustaka yang diperlukan dengan mengakses secara Online Public Access Catalogue (OPAC).

 

 

D. Jenis layanan

  1. 1. Layanan Sirkulasi meliputi peminjaman dan pengembalian koleksi bahan pustaka secara terbuka (open access) dan terotomasi menggunakan Senayan Library Management System (SLiMS) yaitu software perpustakaan berbasis web.
  2. 2. Layanan penelusuran katalog terpasang melalui online Public Access Catalogue (OPAC), yaitu penelusuran data bahan pustaka yang dapat diakses melalui komputer yang tersedia di UPT Perpustakaan Universitas Balikpapan.
  3. 3. Layanan baca ditempat, meliputi:
    1. 1. Layanan koleksi referensi.
    2. 2. Layanan koleksi cadangan/buku tandon.
    3. 3. Layanan karya ilmiah dosen.
    4. 4. Layanan koleksi jurnal, koran, buletin dan majalah tercetak, termasuk berbagai pustaka yang ada di area BI Corner.
  4. 4. Layanan Wi-fi
  5. 5. Layanan Administrasi :
    1. 1. Pembuatan kartu tanda anggota (KTA) perpustakaan.
    2. 2. Pembuatan Kartu Baca (pemustaka di luar lingkup Universitas Balikpapan)

 

E. Keanggotaan perpustakaan

Seluruh Civitas Akademika Universitas Balikpapan dapat memanfaatkan fasilitas dan layanan perpustakaan setelah menjadi anggota perpustakaan dengan persyaratan sebagai berikut:

  1. Mengisi blangko pendaftaran.
  2. Menyerahkan pas poto ukuran 4x6 satu lembar.
  3. Menunjukan bukti diri berupa KTM/KTP/SIM yang masih berlaku.
  4. Membayar biaya administrasi Rp.10.000

F. Tata tertib Peminjaman Koleksi/Pustaka

  1. Peminjam harus memiliki kartu anggota yang diperlihatkan kepada petugas setiap melakukan peminjaman dan pengembalian buku.
  2. Maksimal peminjaman 3 (tiga) eksemplar bagi mahasiswa dan 5 (lima) eksemplar bagi dosen.
  3. Batas waktu peminjaman bagi:
    1. Mahasiswa

                     Batas peminjaman selama 7 hari, perpanjangan selama 3 (tiga) hari, total peminjaman maksimal 10 (sepuluh) hari.

2. Dosen/Karyawan

Batas peminjaman 14 (empat belas) hari tanpa perpanjangan.

  1. Keterlambatan pengembalian buku dikenakan denda Rp. 1.000,-/perhari dihitung perbuku yang dipinjam
  2. Denda maksimal sebab keterlambatan Rp 60.000.
  3. Kehilangan dan kerusakan kartu anggota (KTA) perpustakaan yang berakibat barcode tidak dapat terbaca oleh barcode scanner dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 5.000.
  4. Buku yang rusak atau hilang wajib diganti dengan judul buku yang sama atau setidaknya satu tema.
  5. Kartu Tanda Anggota (KTA) perpustakaan tidak dapat dipinjamkan kepada orang lain.
  6. Karya ilmiah (Dosen,Tesis, Skripsi, koleksi CD, Kamus, serta bahan pustaka (buku tendon) tidak diperkenankan untuk dipinjam, hanya dibaca di area baca perpustakaan.

 

G. Tata tertib pemustaka

  1. Peraturan umum

          Mentaati peraaturan/tata tertib akademika Universitas Balikpapan.

      2. Peraturan Khusus

  1. Dilarang makan dan minum di area baca dan area diskusi.
  2. Dilarang mengganggu ketenangan suasana perpustakaan
  3. Saling menjaga ketertiban, keamanan, dan kenyamanan pemustaka.

H. Sanksi

          Pelanggaran terhadap tata tertib di UPT Perpustakaan maka pemustaka tidak mendapat layanan dana tau dipersilahkan meninggalkan UPT Perpustakaan Universitas Balikpapan.

I. Jam buka layanan

   Jam buka layanan UPT Perpustakaan Universitas Balikpapan sebagai berikut:

  1. Hari Senin s.d. Kamis : 08.00 – 20.30 Wita

          Ishoma                   : 12.00 – 13.00 Wita

  1. Hari Jumat               : 08.00 – 20.30 Wita

          Ishoma                   : 12.00 – 13.30 Wita

  1. Hari Sabtu : 08.00 – 13.00 Wita

J. Pengelola UPT Perpustakaan

  1. Kepala

          Sholih Khudin Anam, S.Pd., M.S.I

  1. Staf Pengolahan

          Arfina, A.Md., S.Pd

          Nurfadillah, S.I.P

  1. Staf Layanan

          Sri Rahayu, telp. 0812 5773 9921

  1. Staf Administrasi

          Sri Wahyuningsih, telp. 0812 5744 3338

 

UPT Perpustakaan Universitas Balikpapan.

Jl. Pupuk Raya, Kelurahan Damai Bahagia, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

 

Telepon     : 0542-765442/765402    

    Surel : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Facebook   : Perpustakaan Uniba        

 

     

 

e-library.uniba-bpn.ac.id

VISI

 

Mewujudkan  unit lembaga yang unggul  dalam melakukan pelayanan prima pada Administrasi Kemahasiswaan, untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan dan pengembangan Tri Dharma di Universitas Balikpapan.

MISI

 

1. Mengembangkan kemampuan soft skills  melalui kegiatan belajar dan kegiatan organisasi kemahasiswaan.

2. Mengembangkan semangat kebangsaan dan berjiwa kepemimpinan.

3. Mengembangkan kemandirian dan sikap berwirausaha.

4. Meningkatkan jiwa sosial dan kearifan lokal.

 

TUJUAN

 

 

  1. Meningkatkan pelayanan dalam pengumpulan data mahasiswa, pemberian ijin, dan rekomendasi di bidang minat bakat, penalaran dan kesejahteraan kemahasiswaan.
  2. Meningkatkan pelayanan dalam penyelenggaraan kegiatan kemahasiswaan mendukung Tri  Dharma di Universitas Balikpapan.
  3. Meningkatkan kualitas layanan penyajian informasi kegiatan kemahasiswaan melalui media.

 

 

PENALARAN DAN KREATIVITAS

PKM

PMW

MAWAPRES

KESEJAHTERAAN

Kesejahteraan Mahasiswa menangani Beasiswa yang dapat di usulkan bagi mahasiswa/i di Universitas Balikpapan.

Jenis-jenis beasiswa

 

 

  1. Beasiswa Prestasi Uniba (lampiran BEASISWA PRESTASI UNIBA)
  2. Beasiswa PPA dan BBP PPA
  3. Beasiswa Pemkot Balikpapan
  4. Beasiswa Kaltim Cemerlang
  5. Beasiswa BCA Finance
  6. Beasiswa Bank BPD

 

Biro Administrasi Umum (BAU) merupakan unsur pembantu pimpinan di bidang administrasi umum di tingkat universitas. Biro di bawah tanggung jawab Wakil Rektor II dengan tugas pelayanan pengelolaan administrasi kepegawaian, administrasi umum universitas, dan pengelolaan sarana-prasarana.

Biro Administrasi Umum dipimpin oleh seorang Kepala Biro Administrasi Umum dalam tugas sehari-harinya dibantu oleh beberapa Kepala Bagian yang terdiri dari:
1. Bagian Kepegawaian;
2. Bagian Sarana dan Prasarana;
3. Tata Usaha dan Urusan Dalam (TUUD);
4. Bagian Pengamanan (PAM).

Dalam melaksanakan tugas pokoknya Biro Administrasi Umum mempunyai fungsi:
1. Merencanakan program kerja dan anggaran;
2. Mengkordinasikan pengamanan civitas akademika dan pegawai di lingkungan Universitas;
3. Mengkordinasikan pengamanan sarana dan prasarana di lingkungan Universitas;
4. Mengkordinasikan pengamanan kegiatan di lingkungan Universitas;
5. Mengkordinasikan kegiatan keprotokolan dan upacara bendera;
6. Menyelenggarakan administrasi kepegawaian diluar Universitas;
7. Mengkordinasikan pelayanan administrasi sarana dan prasarana di lingkungan Universitas;
8. Mengkordinasikan penyusunan laporan pelaksanaan program kerja anggaran;
9. Mengkordinasikan administrasi Universitas dan pelayanan pimpinan universitas.

Sebagai Badan Penjamin Mutu berfungsi menyelenggarakan proses penjamin mutu terhadap program dan kegiatan institusi di satuan Akademik, Satuan Kekaryaan dan Dana, dalam upaya mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan untuk kurun waktu tertentu. Unit Penjamin Mutu menjamin perbaikan secara berkelanjutan pelaksanaan

Visi :
Terbangunnya sistem penjaminan mutu yang mampu membawa Universitas Balikpapan menjadi perguruan tinggi terdepan dan kompetitif di tingkat regional dan nasional

Misi :

  1. Bersama pimpinan Universitas Balikpapan mengembangkan kebijakan mutu yang mampu memberikan semangat dan komitmen untuk menjalankan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) .
  2. Mengadakan pendampingan ke Unit Penjaminan Mutu (UPM) di tingkat fakultas/program studi untuk mewujudkan sasaran mutu (sarmut) yang baik.
  3. Secara terus menerus (continuous improvement) membangun perangkat sistem penjaminan mutu, yang meliputi: Pedoman Mutu, Prosedur Mutu dan Instruksi Kerja.
  4. Sehingga dapat benar-benar menjadi acuan yang handal, efisien, dan konsisten.
  5. Melaksanakan fungsi internal terkait dengan audit mutu dan tinjauan manajemen sebagai media strategis untuk perbaikan-perbaikan mutu Universitas Balikpapan secara berkelanjutan.


Definisi Penjaminan Mutu Universitas Balikpapan
Secara umum yang dimaksud dengan penjaminan mutu adalah proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga konsumen, produsen dan pihak lain yang berkepentingan memperoleh kepuasan.
Dengan demikian, penjaminan mutu pendidikan tinggi adalah proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan pendidikan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga stakeholders memperoleh kepuasan.

Proses Penjaminan Mutu Universitas Balikpapan

  1. Menetapkan visi dan misi perguruan tinggi yang bersangkutan;
  2. Berdasarkan visi dan misi perguruan tinggi setiap prodi menetapkan visi dan misi prodinya;
  3. Visi setiap prodi dijabarkan menjadi serangkaian standar mutu pada setiap butir mutu (butir butir mutu);
  4. Standar mutu dirumuskan dan ditetapkan menurut visi perguruan tinggi dan kebutuhan stakeholders;
  5. Menetapkan organisasi dan mekanisme penjamin mutu;
  6. Mengevaluasi dan merevisi standar mutu melalui benchmarking secara berkelanjutan


Tugas Umum Badan Penjaminan Mutu Universitas Balikpapan
Mengembangkan perangkat dan panduan penjamin mutu program akademik pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta program dan non-akademik, yang bersifat umum.
Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan penjamin mutu program akademik dan non-akademik Satuan Akademik.
Melaksanakan kajian-kajian/audit terhadap hasil pelaksanaan penjamin mutu yang dilaksanakan oleh Satuan Akademik.
Menyampaikan hasil kajiannya kepada Rektor, dengan tembusan sebagai masukan Senat Akademik.