Caption (24/02): Rektor Universitas Balikpapan (Uniba) Dr. Piatur Pangaribuan, A.Md., S.H., M.H., CLA. melakukan penandatangan MoU dengan Rektor Universitas Pertahanan, yang diwakili oleh Dekan Fakultas Keamanan Nasional, Laksamana Muda TNI Dr. Siswo Hadi Sumantri, S.T., M.MT di Ballroom Aji Puteri Karangmelunu Universitas Balikpapan pada tanggal 24 Februari 2020. Acara Penandatangan MoU tersebut disaksikan oleh Direktur Pascasarjana sekaligus Ketua Dewan Pembina Universitas Balikpapan, Rendi Susiswo Ismail, S.E., S.H., M.H. dan Wakil Dekan Fakultas Keamanan Nasional, Laksma TNI DrMAdnan Madjid.

 

Penyelenggaraan Seminar Bela Negara menjadi agenda hari pertama program KKDN (Kuliah Kerja dalam Negeri) Fakultas Keamanan Nasional.  Seminar ini diinisiasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unhan bekerjasama dengan Fakultas Keamanan Nasional (Kamnas) Unjahn dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Uniba.  Kota Balikpapan sendiri menjadi  sasaran program KKDN Fakultas Kamnas yang diselenggarakan selama delapan hari, mulai dari tanggal 24 Februari hingga tanggal 30 Februari 2020.

 

Seminar Bela Negara mengusung tema “Bela Negara dan Pengamalan pancasila dalam rangka  Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, dengan Pembicara I: Rendi Susiswo Ismail, S.E., S.H., M.H. dan Pembicara II:  Dr. Edi Suhardono, S.E., MAP, Laksma TNI.  Acara seminar diawali oleh penandatanganan MoU antara Universitas Pertahanan Indonesia yang diwakili oleh Dekan Fakultas Kamnas,  Laksamana Muda TNI Dr. Siswo Hadi Sumantri, S.T., M.MT dan Universitas Balikpapan yang diwakili langsung oleh Rektor Universitas Balikpapan, Dr. Adv. Piatur Pangaribuan, A.Md., S. H., M.H., CLA.  Penandatangan MoU sebagai simbolis menandakan dimulainya kerjasama antara Universitas Pertahanan dengan Universitas Balikpapan.

 

 

Pada kesempatan ini, Rektor Universitas Balikpapan menyampaikan pidato secara langsung dan menyambut baik penyelenggaraan seminar bela Negara di Universitas Balikpapan. Sementara itu, sambutan rektor Unhan dibacakan oleh Dekan  Fakultas Kamnas yang menghimbau seluruh peserta untuk semangat dalam mengikuti seminar Bela Negara.

Peserta Seminar Bela Negara adalah mahasiswa S1 dari berbagai Program Studi dan mahasiswa S2 Ilmu Hukum Uniba serta  mahasiswa S2 Fakultas Keamanan Nasional (FKN) yang terdiri dari tiga program studi, yaitu Manajemen Bencana, Damai dan Resolusi Konflik, dan keamanan Maritim.  Adapun materi dalam seminar ini berkisar tentang konsep bela negara dan bagaimana mengimplementasikan nilai-nilai bela negara dalam kehidupan sehari-hari.