Terkini.id, Jakarta – Universitas Balikpapan (Uniba) dan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menjalin kerjasama di bidang Digital Talent Scholarship (DTS) 2020.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerjasama yang dilakukan oleh Rektor Uniba Dr. Piatur Pangaribuan, Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Uniba Dr Isradi Zainal, Menteri Kominfo, Johnny G.Plate dan Sekretasis Pengembangan Sumber Daya Kementerian Kominfo RI, Suharti.

Penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerjasama ini dilaksanakan di Hotel Le Meridian Jakarta, Selasa 17 Desember 2019.

Turut hadir dalam acara tersebut masing-masing Menteri Kominfo, Pejabat Kominfo, Pejabat Kemdikbud Dikti, sejumlah Rektor dan Dekan yang ikut melakukan MoU dan Perjanjian Kerjasama serta sejumlah tamu undangan.

Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Uniba, Dr.Isradi Zainal mengatakan acara ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan di Jogyakarta pada bulan Oktober 2019 lalu.

 

Menurut Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Kaltim menyampaikan bahwa adapun tujuan dari MoU dan Perjanjian Kerjasama ini adalah pelaksanaan edukasi publik dan diseminasi informasi, pengembangan Sumber Daya Manusia di bidang komunikasi dan informatika.

Uniba Jalin Kerjasama Kementerian Kominfo

Selain itu, juga untuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang komunikasi dan informatika, penyediaan, pengembangan dan pemanfaatan konten dan aplikasi informatika.

“Bukan itu saja, tetapi juga untuk pertukaran data informasi yang akurat, pemanfaatan sumber daya dan infrastruktur komunikasi dan informatika, mempersiapkan SDM dalam mendukung transformasi digital di Indonesia menuju era industri 4.0 serta peningkatan ekonomi digital,” urai Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (APJK3) ini.

Sementara itu, Rektor Uniba, Dr. Piatur Pangaribuan menjelaskan bahwa penandatangan MoU antara Uniba dan Kementerian Kominfo merupakan payung hukum bagi kerjasama yang akan dilakukan.

“Jadi ini menjadi payung hukum bagi kerjasama yang akan dilakukan antara Uniba dan Kominfo RI,” pungkasnya.

 

Sumber : https://jakarta.terkini.id/