KERJASAMA: Rektor Uniba Piatur Pangaribuan dan jajaranya berfoto bersama Menteri Pelajaran dan Inovasi, Negeri Sabah Malaysia, Datuk Yusuf bin Yacob dan rombongan usai penandatanganan MoU dengan bersama tiga pimpinan perguruan tinggi Sabah Malaysia yakni Vice Chancellor University Malaysia Sabah (UMS), Prof. Datuk Dr. Taufiq Yap Yun Hin; Pengarah Kampus Universiti Teknologi MARA (UiTM) Kota Kinibalu, Prof. Dr. Hj Abdul Kadir Hj Rosline; dan Chairman of Sidma College, Prof Dr Morni Kambrie.

 

 

 

 

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Universitas Balikpapan (Uniba) melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan tiga perguruan tinggi Sabah Malaysia di Conference Room, Uniba, pada Senin (30/9/2019) sore. MoU yang disaksikan Menteri Pelajaran dan Inovasi, Negeri Sabah Malaysia, YAB Datuk Dr. Yusuf bin Yacob diteken oleh Rektor Uniba Dr Piatur Pangaribuan, AMd, SH, MH, CLA, bersama tiga pimpinan perguruan tinggi Sabah Malaysia yakni Chairman of Sidma College, Prof Dr Morni Kambrie, Vice Chancellor University Malaysia Sabah, Prof Datuk Dr Taufiq Yap Yun Hin, dan Pengarah Kampus UiTM Kota Kinibalu, Prof Dr Hj Abdul Kadir Hj Rosline. Dalam sambutanya, Menteri Pelajaran dan Inovasi, Negeri Sabah Malaysia, YAB Datuk Dr Yusuf bin Yacob mengatakan kunjungan kali ini untuk mempererat hubungan silaturahmi antar kedua negara. Mengingat Sabah Malaysia dan Provinsi Kalimantan Timur memiliki banyak kesamaan baik suku, agama, bahasa, serta budaya. “Di Sabah ada Banjar, Tidung dan Dayak. Begitu juga di Kaltim ada Banjar, Tidung dan Dayak. Untuk itu lawatan kami ke sini (Kaltim) untuk meningkatkan silaturahmi,” kata Datuk Yusuf Yacob, sapaan akrab YAB Datuk Dr Yusuf bin  Yacob.
Selaku Menteri Pelajaran dan Inovasi, ia menilai pentingnya pendidikan bagi generasi muda supaya tidak kalah dengan orang asing dalam mengelola hasil bumi. Apalagi Kaltim telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai Ibu Kota Negara (IKN) yang baru. Jangan sampai masyarakat Kaltim hanya sebagai penonton.
“Saya kira sama di Sabah ada juga pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK serta perguruan tinggi tapi di Sabah setiap industri atau perusahaan wajib melakukan penandatangan MoU dengan college atau perguruan tinggi supaya lulusannya langsung bekerja tidak sempat nganggur. Makanya saya sudah perintahkan kepada seluruh perguruan tinggi di Sabah agar menyusun modul atau kurikulum sesuai dengan dunia industri,” katanya. Sementara itu, Rektor Uniba Dr Piatur Pangaribuan dalam sambutanya memperkenalkan Uniba kepada rombongan dari Malaysia. Seperti jumlah mahasiswa yang telah mencapai 7.000 orang, seluruh program studi dan institusi yang mengantongi akreditasi B.
“Untuk itu saya sangat berterima kasih atas kunjungan Menteri Pelajaran dan Inovasi, Negeri Sabah Malaysia dan teman-teman perguran tinggi dari Malaysia,” ujar Piatur. Ia berharap MoU kali ini segera ditindaklanjuti. Apalagi Balikpapan sebagai daerah penyanggah Ibu Kota Negara (IKN) diharapkan akan mempercepat kerjasama dengan perguruan tinggi di Sabah Malaysia.