Program studi Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan terdiri dari Tiga Program studi yaitu :

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

 

     Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan salah satu program studi jenjang Sarjana yang dimiliki oleh Fakultas Kuguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Balikpapan yang didirikan berdasarkan ijin operasional Dirjen Dikti tahun 2009. Kampus FKIP Universitas berada pada satu kawasan dengan Induk Universitas Balikpapan yang beralamatkan di jalam PUpuk Raya Kelurahan Gunung Bahagia, Kecematan Balikpapan Selatan Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur. Program studi Bahasa dan Sastra Indonesia saat ini diketuai oleh Retnowaty, M.Pd. untuk masa jawabatan 2016/2020 setelah sebelumnnya diketuai oleh Dra. Sri Rahayu, M.Pd. untuk masa jabatan 2012/2016. Sejak di berdirinya hingga saat ini, program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia telah melakukan yudisium sebanyak 6 kali angkatan. Dalam mencetak Sarjana Pendidikan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia memilki visi misi yaitu "berkompeten, profesional dan mandiri".


Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Balikpapan


  Pendidikan Ekonomi merupakan salah satu Program Studi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Program Studi Pendidikan Ekonomi sudah terakreditasi BAN-PT dengan nomor:091/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/II/2013. Saat ini alumni Pendidikan Ekonomi bekerja diberbagai bidang: ada yang bekerja menjadi guru, bekerja di bidang perbankan, dan di perusahaaan-perusahaan.

Visi
Pada tahun 2025 menghasilkan tenaga kependidikan ekonomi yang professional, berkompeten berbasis kewirausahaan

Misi

  • Mengembangkan pengajaran pendidikan ekonomi yang berkualitas
  • Menumbuh kembangkan budaya meneliti dalam bidang pendidikan ekonomi kepada dosen dan mahasiswa
  • Menerapkan ilmu-ilmu dan hasil penelitian pendidikan ekonomi dalam bidang pengabdian masyarakat.
  • Mengembangkan bidang kecakapan khusus yang mendukung peluang kerja dibidang pendidikan ekonomi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

 

Visi & Misi

Visi

 Menjadi program studi pendidikan yang mampu menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang profesional, kompeten, dan dapat berwirausaha pada tahun 2025 di Kalimantan Timur.

 Misi 

1.         1.  Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menghasilkan lulusan berkompeten di bidangnya, menguasai teknologi informasi, dan berkarakter bangsa.

2.        2.  Melaksanakan penelitian dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

3.        3.  Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka  penerapan hasil-hasil penelitian, ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

4.        4.  Melaksanakan program kemitraan dengan alumni, pengguna lulusan, dan instansi lain.

5.        5.  Melaksanakan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kewirausahaan di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

 

 Tujuan 

  1. 1.      Menghasilkan lulusan yang memiliki  kompetensi kepribadian, sosial, pedagogik dan profesional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  2. 2.      Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  3. 3.      Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan bidang studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta dapat menerapkannya dalam masyarakat.
  4. 4.      Menghasilkan lulusan yang mampu bekerja sama dengan pihak lain.
  5.   Menghasilkan lulusan yang mampu berwirausaha di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Sasaran:

Sasaran yang akan dicapai dirumuskan dengan berdasarkan visi, misi, tujuan, dan capaian kinerja yang diraih oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Balikpapan selama lima tahun terakhir dapat diidentifikasi sebagai berikut.

Program studi Pendidikan Matematika