Balikpapan-Universitas Balikpapan (Uniba) yang terletak di Jalan Pupuk Raya, Kelurahan Damai, Balikpapan Kota, lima tahun terakhir, mengalami perkembangan cukup pesat. Baik pembangunan infrastruktur, kualitas tenaga pengajar, fasilitas perkuliahan hingga jumlah mahasiswa yang telah mencapai lebih dari 10.000 orang. Bahkan 12 program studi dan universitas telah mengantongi akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sehingga menjadi universitas swasta terbaik di Kalimantan. Keberhasilan Uniba tersebut tak lepas dari sosok Rendi Susiswo Ismail, yang saat ini menjabat Ketua Badan Pembina Yayasan Pendidikan Tinggi Dharma Wirawan (Yapenti DWK) Kaltim yang menaungi Uniba. Kendati dianggap sukses mengabdikan diri di Uniba, namun Rendi tak mau jemawa, ia selalu rendah hati. Ia mengaku keberhasilan Uniba tak lepas dari peran serta para pendahulu yang membangun Uniba. Hal ini diungkapkan Rendi saat acara wisuda Uniba di Balikpapan Sport & Convention Center (BSCC) Dome (27/10/2017) lalu.

“Apa yang dilakukan Uniba adalah manifestasi pengabdian yang pernah dirintis oleh para pendahulu kita untuk membangun Uniba. Kita harus melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara. Tentu semua dilaksanakan dengan tantangan yang sangat besar,” ujar Rendi sapaan akrab Rendi Susiswo Ismail.
Beberapa tahun lalu kata Rendi, bangunan perkuliahan Uniba ketika melaksanakan kegiatan mengajar, seperti bangunan SD Inpres.
“Sekarang Alhamdulillah bisa dilihat bagaimana gedung kami sekarang ini melaksanakan pembangunan. Saya dulu ditertawakan mengenai keinginan saya yang inshaallah akan memakai lift sampai gedung 7 tingkat. Ada yang menertawakan saya, ‘Pak Rendi itu omong besar bagaimana membangun lift di lantai 7’. Namun sekarang, Alhamdulillah bisa dilihat sendiri sudah ada liftnya sampai di lantai 7,” katanya.
Bahkan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir saat memberikan kuliah umum di Uniba, Rabu (5/9/2018) lalu memberikan pujian terhadap Uniba yang telah mengantongi akreditasi B dengn peringkat 300-an dari total 4.579 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Uniba juga masuk 10 besar perguruan tinggi terbaik di Kalimantan dan untuk perguruan tinggi swasta Uniba merupakan peringkat pertama di Kalimantan. “Saya kira perguruan tinggi ini luar biasa. Apalagi, Uniba telah mengantongi akreditasi B dari BAN-PT,” puji Mohammad Nasir.(sb-01)

 

 

sumber     : http://suarabalikpapan.com/2018/10/28/rendi-sukses-tangani-uniba-jadi-perguruan-tinggi-swasta-terbaik-di-kalimantan/