Balikpapan-Gubernur Kaltara Irianto Lambrie, dan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mewakili Gubernur Kaltim Isran Noor hadir dalam acara wisuda 965 mahasiswa Uniba dalam rapat terbuka di Balikpapan Sport & Convention Center (BSCC) Dome, Selasa (6/11/2018) pagi. Hadir pula pejabat Kodam VI/Mlw dan Polda Kaltim, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan Muhaimin, serta ribuan undangan. Dalam sambutannya Rektor Uniba DR Adv Piatur Pangaribuan AMd SH MH CLA mengatakan, lulusan Uniba harus membantu pemerintah dalam melaksanakan kegiatan pembangunan. “Apa yang didapat di kampus bisa diaplikasikan kepada masyarakat,” ujar calon anggota DPD Dapil Kaltim Menurut rektor gaul ini, lulusan Uniba saat ini cukup sehat. “Yang mendaftar 1.000 lebih. Sedang lulusan 900-an berarti lulusan Uniba sehat,” katanya. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Kaltim mengalami penurunan hingga mencapai 3 persen. Tapi sekarang mulai naik menjadi 4 persen. “Saya kira meningkatkan perekonomian Kaltim ini merupakan tanggung jawab bersama. Saya berharap lulusan Uniba mampu membantu pemerintah dalam memperbaiki ekonomi masyarakat ,” harapnya.

     Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Kaltim Dharma Wirawan Kaltim (DWK) Rendi Susiswo Ismail menuturkan Uniba telah memiliki rencana strategis untuk pembangunan Fakultas Kedokteran. Menurutnya di Kalimantan baru empat Fakultas Kedokteran. Itupun di universitas negeri. “Makabga kami memminta dukungan kepada Kepala L2Dikti yang baru H Udiansyah,” aku Rendi. Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dalam sambutanya juga meminta dukungan kepada Kepala L2Dikti H Udiansyah agar membantu perjuangan Uniba mewujudkan adanya Fakultas Kedokteran. “Janganlah memperlakukan Kaltim seperti daerah lain. Saya berharap para wisudawan memiliki kualitas, bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara, terutama membantu pembangunan di Balikpapan,” harapnya. Sebagai Wali Kota Balikpapan, dirinya bangga dengan prestasi yang diraih Uniba saat ini. “Uniba ini bukan hanya mengharumkan nama Balikpapan, tetapi nama Kaltim,” puji Rizal. Ketua L2Dikti H Udiansyah mengatakan, terkait rencana Uniba membangun Fakultas Kedokteran. Udiansyah menegaskan, selama syarat-syarat pendirian dipenuhi maka dirinya pasti memberikan dukungan terhadap Uniba membangun Fakultas Kedokteran. “Kalau syarat-syarat dipenuhi seperti lahan, SDM, izin dan lain-lain pasti saya akan memberikan dukungan,” janjinya.

          Gubernur Kaltara Irianto Lambrie dalam orasi ilmiahnya tentang Inovasi Daerah Merespon Perubahan dan Era Digitalisasi menuturkan sesuai hasil riset World Bank terhadap 20 negara bahwa suatu negara bisa maju asalkan memiliki inovasi. Selain itu, suatu negara harus memiliki networking yang kuat, menguasai teknologi serta memiliki karakter. “Sudah terbukti beberapa daerah di Indonesia yang memiliki inovasi, serta teknologi dan karakter yang baik pasti maju. Seperti Bali, Jogjakarta dan Sulsel,” kata pria asal Balikpapan ini. Dalam kesempatan ini Rektor Piatur Pangaribuan menyerahkam penghargaan kepada wisudawan dan dosen terbaik dan mahasiswa berprestasi. Rektor Piatur juga menandatangani MoU dengan Ikatan Alumni Universitas Indonesia Kaltim (sb-01)    

sumber : http://suarabalikpapan.com/2018/11/06/wisuda-uniba-di-dome-rizal-uniba-bukan-hanya-harumkan-balikpapan-tapi-kaltim/