Bertempat  di ruang rapat lantai 2 Kantor Rektorat Universitas Balikpapan, pada hari Jumat  tanggal, 13 Oktober 2017,  segenap jajaran Struktural Universitas Balikpapan menyambut  rombongan bidang kerjasama Universitas Islam Negeri Alauddin Makasssar yang dipimpin oleh Prof. Hamdan Juhannis, MA., Ph.D, Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama.  Pertemuan  yang dimulai pada jam 09.30 wita  diawali dengan do’a  yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Dr. H. Sugianto M.Pd yang selanjutnya oleh Rektor Universitas Balikpapan Dr. Piatur Pangaribuan. A.Md.,S.H.,M.H.,C.L.A.  memberikan sambutan atas  kedatangan  seluruh rombongan yang berjumlah 10 orang,  dimana kedatangan Universitas Islam Negeri  Alauddin Makassar adalah suatu kehormatan  dan menjadi inspirasi  bagi UNIBA terutama dalam missi penjajakan  kerjasama bagi kedua Universitas. Dengan keunggulan yang dimiliki UIN Alauddin Makassar  UNIBA  berharap dapat menjalin kerjasama untuk lebih memperkuat keungulan yang dimiliki Universitas Balikpapan. Dengan kehadiran para Dekan  maka kerjasama yang terjalin dengan seluruh stakeholders  dari setiap fakultas dapat di share  dalam pertemuan ini.  Semoga kerjasama kedepan dapat segera ditindak lanjuti, demikian Rektor Universitas Balikpapan, Dr. Piatur Pangaribuan. A.Md.,S.H.,M.H., C.L.A.

Selanjutnya Prof. Hamdan Juhannis. MA.,Ph.D dalam sambutannya menyampaikan bahwa sangat senang akan sambutan yang hangat dari Rektor  dan jajarannya dan berkunjung ke Universitas Balikpapan suatu kesempatan yang baik, bukan saja  dalam rangka kerjasama, namun  beliau sangat senang melihat perkembangan yang cukup pesat bila  dibandingkan dengan tahun 2013 dimana beliau saat itu berkunjung ke UNIBA,  termasuk bangga akan keberhasilan UNIBA  dalam pencapaian  Akreditasi B untuk 11 Program studi dan termasuk Institusi Uniba, terutama setelah mendengar kerjasama anatara Fakultas  dengan rekanannya sangat berharap kerjasama terjalin secepatnya.  Rombongan juga merasa nyaman akan keberadaan kota Balikpapan termasuk akan  kebersihannya. Dalam pemaparannya Prof. Hamdan Juhannis.,MA.Ph.D menyampaikan keunggulan UIN Alauddin  terutama  dalam bidang kerjasama  baik dalam negeri  maupun luar negeri. Beliau menyampaikan  dengan pertemuan ini mengaharap kunjungan balasan dari UNIBA  ke UIN Alauddin Makassar segera terwujud, yang di sambut dengan kata sepakat oleh Rektor Universitas Balikpapan.

 Acara pertemuan kurang lebih satu jam diakhiri dengan saling tukar cinderamata dan photo bersama dimana Prof. Hamdan Yuhannis  telah ditunggu oleh sekitar 100 orang mahasiswa  dan para  dosen di Conference Room Uniba untuk mengikuti kuliah Umum dengan Tema “ Penguatan Management Diri Mahasiswa dengan Melawan Takdir”.  Selain sebagai Pembantau Rektor IV  bidang kerjasama, Prof. Hamdan Juhannis  juga adalah penulis Buku Otobiography  Malawan Takdir, salah satu  buku yang menjadi best seller dikalangan masyarakat dan yang saat ini telah di angkat menjadi Film layar lebar  yang akan tayang sekitar bulan Januari 2018.  Mahasiswa dan para Dosen  sudah menunggu akan kehadiran Prof. Hamdan Juhannis.,MA.Ph.D. Setelah Master of Ceremony memberi kesempatan kepada beliau, tepukan riuh dari mahasiswa pun memenuhi ruangan  karena diawali dengan kelakar-kelakar  yang sangat lucu dan hangat. Tidak terasa hampir satu setangah jam memperesentasikan alur  cerita melawan takdir  yang adalah  Otobiography Prof. Hamdan Juhannis.MA., Ph.D. dengan penuh kocak, santai dan sangat menginspirasi. Mahisiswa diajak berfikir, tertawa dan merenung akan perjalan hidup beliau yang dengan rendah hati mengisahkan kehidupannya yang penuh perjuangan karena latar belakang keluarga yang miskin  namun bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang. Semua yang hadir dalam ruangan bukan hanya termotivasi untuk berjuang dalam menggapai cita-cita, namun harus menjadi orang yang memberi manfaat bagi sekeliling kita. Keberhasilan adalah prosess tidak ada yang isntan, process is more important than product ( proses lebih penting dari produk), keberhasilan adalah ramuan dari 1% kecedasan dan 99% kerja keras. Jangan salahkan mengapa anda dilahirkan miskin, tapi salahkan lah dirimu bila anda mati miskin. Demikan pesan-pesan mengakhiri acara kuliah umum dari Prof. Hamdan Juhanis.MA.Ph.D. Kuliah Umum diakhiri dengan memberi kesempatan bertanya bagi dosen dan mahasiswa dan mengganjar dengan pemberian 2 buah buku Melawan Takdir, satu kepada mahasiswa dan satu kepada dosen.